bintang jatuh

Kamis, 15 September 2016

Makalah Hubungan ekonomi sumber daya manusia dengan lingkungan



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyusun makalah ini sebagai tugas tambahan dan merupakan kewajiban kami sebagai mahasiswa.
Adapun judul yang kami angkat pada kesempatan kali ini adalah tentang hubungan ekonomi sumber daya manusia dengan lingkungan sebagai bahan referensi kami untuk menyelesaikan makalah ini.
Ucapan terimakasih juga kami hanturkan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyelesaian makalah ini. Dan kami sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kritik dan saran yang sifatnya konstruktif sangat kami harapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi perkembangan pertanian di Indonesia dan menjadi bahan referensi bagi pembacanya.














DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………….………………………………………….................      ii
DAFTAR ISI  ………….………..................……………………………………………….     iii
BAB. I.  PENDAHULUAN ………………….................…………………………………      1
I. 1.    Latar Belakang   ………………………………………………………………      1
I. 2.    Tujuan  ...............…...............................………………………………………      1
I. 3.    Manfaat .............................................................................................................      2
BAB. II. PEMBAHASAN ….......................................……………………………………..     3
II. 1.   Pengertian Sumber Daya Manusia   …………………………………………..      3
II. 2.   Pengertian Lingkungan …………………….…….…………….......................      4
II. 3.   Hubungan Ekonomi Sumber Daya manusia dengan Lingkungan.   ………….      4
II. 4.   Problematika Hubungan Sumber Daya Manusia dengan Lingkungan ……….     6    
BAB. III. PENUTUP               ......................………………………………………………      8
           III. 1. Kesimpulan                   ................…………………………………………….      8
           III. 2. Saran                     ...................………………………………………………..      9
DAFTAR PUSTAKA                        ....................................................................................    10

BAB. I
PENDAHULUAN
I. 1. Latar belakang
Setiap manusia sangat tergantung pada lingkungan, lingkungan mempengaruhi setiap sifat dan perilaku seorang individu, demikian pula sebaliknya manusia pun mempengaruhi lingkungan yang ia tempati. Hubungan antara manusia dan lingkungan sudah ada sejak manusia diciptakan.
            Manusia berusaha untuk mengubah lingkungan hidupnya demi kebutuhan dan kesejahtraan. Lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia. Segala yang ada pada lingkungan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan hidup manusia, karna lingkungan memiliki daya dukung, yaitu kemampuan lingkungan untuk mendukung perkehidupan manusia dan makhuk hidup lainnya. Arti penting lingkungan bagi manusia karena lingungan merupakan tempat hidup manusia, lingkungan memberi sumber-sumber penghidupan manusia, lingkungan memengaruhi sifat, karakter, dan perilaku manusia yang mendiaminya.
Berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik untuk membuat makalah tentang hubungan ekonomi sumber daya manusia dengan lingkungan agar dapat diketahui dan menjadi bahan referensi bagi masyarakat secara umum.
I. 2. Tujuan
Adapun yang menjadi tujuan dalam makalah ini yaitu :
-    Untuk mengetahui arti sumber daya manusia
-    Untuk mengetahui arti lingkungan
-    Untuk mengetahui hubungan ekonomi sumber daya manusia dengan lingkungan
-    Untuk mengetahui problematika hubungan ekonomi SDM dengan lingkungan

I. 4. Manfaat
Dengan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan memberikan informasi ilmiah bagi masyarakat secara umum tentang hubungan ekonomi sumber daya manusia dengan lingkungan.






















BAB. II
PEMBAHASAN
II. 1. Pengertian Sumber Daya Manusia
Secara sederhana (secara objektif) sumber daya diartikan sebagai alat untuk mencapai tujuan, atau kemampuan untuk memperoleh keuntungan. Sedangakan secara subjektif , sumber daya dapat diartikan segala sesuatu baik berupa benda maupun bukan benda yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Secara sederhana sumber daya manusia dapat diartikan sebagai seluruh penduduk yang berada di suatu wilayah atau tempat dengan ciri-ciri demografis dan sosial ekonomis.
Sumber daya manusia adalah semua potensi yang berhubungan dengan data kependudukan yang dimiliki oleh suatu daerah atau negara yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Manusia merupakan sumber daya terpenting dalam suatu bangsa atau negara. Sumber daya manusia harus memadai, baik dilihat dari segi kuantitas maupun kualitas. Segi kuantitas berkaitan dengan jumlah, kepadatan, dan mobilitas penduduk. Sedangkan kualitas terutama terutama dilihat dari beberapa aspek, seperti tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan kualitas tenaga kerja yang tersedia.
Ada tiga faktor utama penentu HDI (Human Development Indeks) yang dikembangkan UNDP, yaitu :
a.  Pendidikan
Kualitas penduduk dalam bidang pendidikan sangat penting untuk diketahui, sebab dapat menggambarkan kemampuan penduduk dalam menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
b.  Kesehatan
Selain pendidikan, kesehatan penduduk merupakan faktor penting yang perlu untuk ditingkatkatkan, sebab jika penduduk mengalami sakit, akan berpengaruh terhadap tingkat produktivitas. Artinya, semakin banyak penduduk yang sakit, maka akan semakin rendah kualitas penduduk berdasarkan tingkat kesehatan.
c.  Ekonomi
Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor dalam perubahan perekonomian. Maksudnya, bagaimana menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi.
II. 2. Pengertian Lingkungan.
Para ahli memberikan definisi tentang lingkungan antara lain, yaitu :
a.  Menurut Darsono (1995). Pengertian lingkungan bahwa semua benda dan kondisi, termasuk manusia dan kegiatan mereka, yang terkandung dalam ruang di mana manusia dan mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan badan-badan hidup lainnya.
b.  Menurut St.Munajat Danusaputra. Lingkungan adalah Semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan aktifitasnya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan hidup dan jasad renik lainnya.
c.  Menurut Ensiklopedia Kehutanan. Lingkungan adalah Jumlah total dari faktor-faktor non genetik yang mempengaruhi pertumbuhan reproduksi pohon.
Berdasarakan pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa pengertian lingkungan adalah kombinasi dari kondisi fisik meliputi keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat dan di laut, dengan lembaga-lembaga yang mencakup penciptaan manusia sebagai keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik. Lingkungan juga dapat diartikan ke dalam segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
Lingkungan terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Komponen abiotik adalah semua benda mati seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, suara. Sementara komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).
II. 3. Hubungan Ekonomi Sumber Daya Manusia Dengan Lingkungan
Pada mulanya, manusia mencoba mengenal lingkungan hidupnya kemudian barulah manusia berusaha menyesuaikan diri. Lebih dari itu, manusia telah berusaha pula mengubah lingkungan hidupnya demi kebutuhan dan kesejahteraan. Dari sinilah lahir peradaban sebagai akibat dari kemampuan manusia mengatasi lingkungan agar lingkungan mendukung kehidupannya. Pada hakikatnya, manusia dan lingkungan sangat berhubungan erat, manusia tidak mampu memenuhi kebutuhannya apabila tidak ada lingkungan.
Menurut pasal 1 Undang-Undang No.23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, dinyatakan bahwa liingkungan adalah kesatuan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
Setelah kita mengetahui hakikat dan makna lingkungan bagi manusia kita dapat menarik kesimpulan bahwa manusia dan lingkungan tak bisa dipisahkan, lingkungan memberikan arti penting pada manusia untuk memenuhi hidupnya, lingkungan dapat memberikan kebutuhan hidup untuk manusia, pada intinya laingkungan memberikan kesejahtraan, jadi sepantasnya kita menjaga lingkungan dan menjaga ekosistem yang ada. Allah berfirman dalam surat as-syura ayat 183 yang berarti, “Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merjalela di mmuka bumi engan membuat kerusakan" jadi sudah terbukti allah memerintahkan kita sebagai manusia untuk menjaga lingungan.
Dewasa ini, manusia dengan kemampuan ilmu pengetahuan yang maju dan teknologi modern dapat mengatasi keterbatasan lingkungan, terutama yang bersifat fisik atau lingkungan alam. Daerah-daerah yang pada masa lalu dianggap tidak mungkin dapat digunakan sebagai tempat hidup,sekarang ini dimungkinkan. Daerah itu sekarang mampu memberi kesejahteraan bagi hidup manusia berkat penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Manusia mengusahakan agar lingkungan memmiliki daya dukung dan daya tamping.Untuk menciptakan daya dukung dan daya tamping lingkungan hidup, diperlukan pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup. Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, dan pengendalian diri.Pellestarian lingkungan hidup mencakup pelestarian daya dukung lingkungan hidup dan pelestarian daya tamping lingkungan hidup.
Pengelolaan lingkungan memiliki tujuan sebagai berikut :
-          Mencapai kelestariaan hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai tujuan membangun manusia seutuhnya
-          Mengendalikan pemanfaatan sumber daya secara bijaksana
-          Mewujudkan manusia sebagai pembina lingkungan hidup
-          Melakksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang.
-          Meliindungi Negara terhadap dampak kegiatan di luar wilayah Negara yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.
II. 4. Problematika Hubungan Ekonomi Sumber Daya Manusia dengan Lingkungan
Manusia dalam menjalani kehidupannya selalu memanfaatkan segala sesuatu yang disediakan oleh lingkungan. Dalam pemanfaatan nilai pada lingkungan tersebut seringkali dapat merusak lingkungan itu sendiri, sehingga perlu penanganan yang tepat.
Dewasa ini, perusakan lingkungan sebagai akibat dari pengelolaan lingkungan yang tidak bijaksana makin bertambah serta sangat memprihatinkan. Faktor ekonomi menjadi alasan utama pengelolaan lingkungan yang tidak bijaksana, penggunaan IPTEK yang tidak ramah lingkungan dapat menimbulkan dampak yang dapat merusak lingkungan. Beberapa dampak negatif akibat penggunaan IPTEK yang kurang bijaksana antara lain :
-          IPTEK menyebabkan peningkatan limbah industri yang merusak lingkungan terutama dalam bidang industri pabrik yang semakin banyak mengeluarkan zat beracun akibat produktivitas yang tidak terorganisir dengan baik.
-          IPTEK akan mengurangi pemberdayaan manusia sehingga lapangan pekerjaan berangsur berkurang dan digantikan keberadaan mesin yang lebih cepat dan instan.
-          IPTEK khususnya dalam bidang komunikasi akan mencuri perhatian masyarakat karena kesibukan dalam pekerjaan serta dunia maya yang lebih menarik dibanding dunia nyata.























BAB. III
PENUTUP
III. 1. Kesimpulan
Secara sederhana sumber daya manusia dapat diartikan sebagai seluruh penduduk yang berada di suatu wilayah atau tempat dengan ciri-ciri demografis dan sosial ekonomis.
Lingkungan adalah kombinasi dari kondisi fisik meliputi keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat dan di laut, dengan lembaga-lembaga yang mencakup penciptaan manusia sebagai keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik.
Manusia dan lingkungan tak bisa dipisahkan, lingkungan memberikan arti penting pada manusia untuk memenuhi hidupnya, lingkungan dapat memberikan kebutuhan hidup untuk manusia, pada intinya laingkungan memberikan kesejahteraan, jadi sepantasnya kita menjaga lingkungan dan menjaga ekosistem yang ada. Allah berfirman dalam surat as-syura ayat 183 yang berarti, “Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merjalela di mmuka bumi engan membuat kerusakan" jadi sudah terbukti allah memerintahkan kita sebagai manusia untuk menjaga lingungan.
Kerusakan lingkungan sebagai akibat dari pengelolaan lingkungan yang tidak bijaksana makin bertambah serta sangat memprihatinkan. Faktor ekonomi menjadi alasan utama pengelolaan lingkungan yang tidak bijaksana, penggunaan IPTEK yang tidak ramah lingkungan dapat menimbulkan dampak yang dapat merusak lingkungan. Salah satunya adalah bahwa IPTEK menyebabkan peningkatan limbah industri yang merusak lingkungan terutama dalam bidang industri pabrik yang semakin banyak mengeluarkan zat beracun akibat produktivitas yang tidak terorganisir dengan baik.


III. 2. Saran
Penyusun berharap kepada pembaca untuk menyimak, mempelajari dan menggunakan makalah ”Hubungan Ekonomi Sumber Daya Alam dengan Lingkungan“ sebagai motivasi dan menjadi referensi kepada pembaca agar dalam melakukan kegiatan demi kelangsungan hidup tidak merusak lingkungan.  Akhirnya  penyusun sadari sepenuhnya bahwa makalah yang kami susun jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan. Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.

















DAFTAR PUSTAKA
-          Anna Kuniati, dkk. 2012. Kajian SDM Kesehatan Di Indonesia. Jakarta. Salemba Medika
-          Darsono, V., 1995. Pengantar Ilmu Lingkungan. Penerbit Universitas Atma Jaya.        Yogyakarta.
-          Drs. Alam. 2006. Ekonomi Untuk SMA dan Ma Kelas XI. Jakarta : Esis
-          Hariandja, Marihot Tua Effendi. 2002. Managemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT.         Grasindo.
-          St. Munajat Danusaputra. 2000. Pengertian Lingkungan Masyarakat Menurut Para Ahli          Diakses pada tanggal 06/09/2015.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar