BAB.
I
PENDAHULUAN
I.
1. Latar belakang
Waralaba atau dalam bahasa Inggris
dikenal dengan franchising dan
dalam bahasa Perancis dikenal dengan sebutan franchise
yang aslinya berarti hak atau kebebasan. Adalah hak-hak untuk menjual suatu
produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi Pemerintah Indonesia,
waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan
dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual ( HAKI ) atau pertemuan dari ciri
khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan
persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan
dan atau penjualan barang dan jasa. Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba ialah Suatu
sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan
pengwaralaba ( franchisor )
yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan
untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara
yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area
tertentu.
Sejalan dengan hal tersebut, salah
satu perusahaan waralaba yang sukses di Indonesia bahkan sampai kemancanegara
yaitu PT. Top Food Indonesia dengan brand dagangnya
yang terkenal adalah Es Teler 77.
I. 2. Tujuan
Adapun yang menjadi tujuan dalam makalah ini yaitu untuk
mengetahui profil perusahaan waralaba / franchising dengan merek dagang Es
Teler 77.
I. 4. Manfaat
Dengan makalah ini diharapkan
dapat memberikan manfaat sebagai
berikut:
1. Makalah ini diharapkan
menjadi salah satu bahan informasi bagi masyarakat secara umum.
2. Dapat memberikan informasi ilmiah
bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha.
3. Sebagai
bahan referensi dalam melakukan usaha waralaba.
BAB.
II
PEMBAHASAN
II.
1. Sejarah dan Perkembangan Es Teler 77
a. Sejarah
Siapa yang tak kenal
dengan produk es teller 77, ratusan gerainya sudah tersebar di seluruh Nusantara.
Tidak puas dengan mempertahankan pasar dalam negeri, kini produk es
teller 77 merupakan salah satu bisnis
franchise makanan yang berhasil merambah pasar internasional. Produknya
sudah menjangkau pasar luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Australia,
serta masih akan terus dikembangkan untuk membuka
gerai berikutnya di India, Jeddah dan Arab Saudi.
Pada tahun 1981, seorang
Ibu bernama Murniati Widjaja memenangkan lomba membuat Es Teler di Jakarta.
Bermula dari lomba inilah, timbul sebuah gagasan untuk membuka warung tenda
sederhana di pelataran teras sebuah pertokoan ( Duta Merlin, sekarang Carrefour
Harmony ) di kawasan Jakarta Pusat.
Warung sederhana dengan nama Es Teler 77 ini merupakan usaha keluarga yang
ditangani langsung oleh Ibu Murniati sendiri bersama suaminya Trisno Budijanto,
anak dan mantunya, Yenny Setia Widjaja dan Sukyatno Nugroho.
Pada tahun 1987,
Sukyatno Nugroho mewaralabakan Es Teler 77 yang dengan ini merupakan usaha
makanan cepat saji asli Indonesia pertama yang menerapkan sistem waralaba. Mengikuti perkembangan tren gaya hidup
pada tahun 1994, seluruh gerai Es Teler 77 dipindahkan dari kios ke Mall dan Plasa.
Kehadiran Es Teler 77 di arena pusat perbelanjaan modern ini memperluas wawasan
kuliner Indonesia, di mana Es Teler 77 memperkenalkan konsep makanan cepat saji
( fastfood ) yang menyajikan makanan dan minuman jajanan populer Indonesia.
Setelah beberapa tahun
kemudian Ibu Murniati Widjaja dan keluarganya mendirikan badan usaha swasta
bernama CV. Es Teler 77 yang kemudian menjadi dasar bisnis keluarga ini.
Perusahaan ini dipimpin oleh Bapak Trisno Budijanto dan dikelolah oleh
putra-putrinya. Perusahaan ini kemudian berkembang dengan membuka beberapa
cabang Es Teler 77 lainnya di wilayah Jakarta. Meskipun demikian Es Teler 77
sebagai produk lokal Indonesia seringkali mendapatkan perlakuan yang tidak adil
oleh pihak pemilik tempat atau manajemen gedung yang seringkali lebih mementingkan
perusahaan dengan merek-merek asing. Tetapi perusahaan Es teller 77 tidak
pernah menyerah. Sebaliknya mereka lebih bersemangat lagi. Setiap kali mereka
harus menutup salah satu restorannya, mereka bertekad untuk membuka lima cabang
baru Es Teler 77. Dengan komitmen ini timbul ide untuk menggunakan sistem
waralaba atau franchise untuk memperluas jaringan usaha ini.
Pada tahun 1987, cabang Es
Teler 77 pertama yang dibuka oleh seorang franchise atau mitra kerja dibuka di
Solo, Jawa Tengah. Sejak itu banyak anggota masyarakat dari berbagai kalangan
yang tertarik untuk membuka Es Teler 77. Dengan menggunakan sistem franchise
ini banyak outlet-outlet baru Es Teler 77 yang dibuka di kota-kota seluruh
Indonesia. Sampai di Banda Aceh maupun Sampit pun Es Teler 77 sudah pernah
dibuka. Perkembangan ini tentunya tidak mudah tercapai dan banyak hal-hal yang
harus dipelajari oleh tim manajemen Es Teler 77. Untungnya, tim manajemen Es
Teler 77 yang dipimpin oleh Bapak Sukyatno Nugroho, mantu tertua Ibu Murniati,
siap untuk bekerja keras, terus memperbaiki dan belajar banyak dari
pengalaman-pengalaman mereka sendiri. Sampai akhirnya, mereka sendiri pun jadi
ahli dalam sistem franchise ini.
b. Perkembangan
Dengan dibukanya banyak outlet-outlet Es Teler 77,
kebutuhan bahan-bahan baku Es Teler 77 pun meningkat. Perusahaan ini kemudian
mendirikan satu dapur pusat beserta pusat distribusinya untuk memenuhi
kebutuhan-kebutuhan tersebut. Fasilitas di dapur sentral tersebut digunakan
untuk membuat bahan-bahan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh
outlet-outlet Es Teler 77. Pusat distribusi digunakan untuk menyimpan dan
mengirim semua bahan-bahan tersebut ke outlet-outlet Es Teler 77 di seluruh
Indonesia. Dengan fasilitas-fasilitas ini, Es Teler 77 dapat menyediakan
bahan-bahan kebutuhan dengan standar kualitas yang terbaik.
Dapur sentral dan pusat distribusi yang pertama didirikan
di Jakarta Barat pada tahun 1997 dan baru saja dipindahkan ke lokasi yang baru
di Serpong, Tangerang dengan fasilitas yang lebih baik.
Saat ini outlet-outlet Es Teler 77 dapat ditemukan di
pusat-pusat pertokoan di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Di negara lain
pun Es Teler 77 sudah dibuka dengan sukses. Di kota Penang, Malaysia, kota
Melbourne, Australia dan Singapore Es Teler 77 dibuka.
Setelah hampir tiga dasawarsa, Es Teler 77 terus
berkembang dengan menyajikan produk makanan dan minuman dengan resep orisinil
yang bermutu dan berkualitas kepada pelanggan di pelosok Indonesia dan juga
mancanegara.
Dengan 180 gerai yang tersebar di berbagai daerah di
Indonesia, Es Teler 77 bukan hanya meningkatkan citra makanan Indonesia di
negeri sendiri tetapi juga memperkenalkan makanan Indonesia ke mancanegara.
Saat ini Es Teler 77 dapat dikunjungi di Singapura, Malaysia dan Melbourne ( Australia
).
II. 2. Ekspansi Usaha Es Teler 77
Berselang 5 tahun, pada tahun 1987
sang pendiri Es Teler 77 mulai melihat potensi pengembangan bisnisnya tersebut
untuk dijadikan peluang usaha waralaba. Dan jadilah pada tahun itu juga,
franchise Es Teler 77 yang pertama kali dibuka oleh member pertama yang
berdomisili di Solo. Sejak itu mitra baru pun muncul satu per satu hingga kini total
mencapai lebih dari 200 mitra.
Menjalani pengelolaan waralaba memang
bukan perkara yang mudah. Tuntutan untuk menyediakan bahan makanan yang bermutu
dan terjamin mengharuskan pengelola membangun sebuah dapur bahan yang khusus
menyiapkan bahan makanan untuk di distribusikan ke semua mitra Es Teler 77 di
seluruh nusantara. Dapur bahan Es Teler 77 akhirnya dibangun pertama kali di
daerah Jakarta Barat namun karena kekurangan lokasi akhirnya dibuat dapur yang
lebih besar di daerah Serpong hingga saat ini.
Tidak hanya itu, saat ini Es Teler
77 juga telah membuka gerainya di beberapa negara seperti Malaysia,
Singapura, Australia serta yang paling baru yaitu di Arab dan India. Salah satu
misi yang bawa oleh Es Teler 77 adalah juga memperkenalkan kuliner asli
Indonesia ke kancah internasional.
Saat ini usaha Es Teler 77 yang
bernaung dibawah bendera perusahaan PT. Top Food Indonesia telah menjadi salah
satu perusahaan franchise kuliner terbaik dan terbesar di Nusantara dengan
keuntungan mencapai miliaran rupiah perbulannya. Bahkan Es Teler 77
pernah mendapatkan penghargaan Life Time Achivement Award 2012 dalam gelaran
Indonesia Franchise Conference 2013.
II. 3. Visi – Misi Es Teler 77
a. Visi : Menjadikan mitra kerja Produksi dan Distribusi
yang berkualitas kuat, handal dan terpercaya dalam melayani
seluruh kegiatan usaha cabang
Es Teller 77 di Indonesia maupun Mancanegara.
b. Misi : - Menyediakan Produk dan Barang yang
berkualitas,
- Menyediakan Produk dan Barang yang mencukupi,
- Menyediakan Produk dan Barang yang tepat waktu,
- Menyediakan Produk dan Barang dengan harga yeng bersaing,
- Memberikan layanan Distribusi yang memuaskan,
- Mendukung pengembangan usaha Es Teler 77.
II.
4. Kunci Sukses Es Teler 77
Bersamaan dengan perkembangan bisnisnya,
pada tahun 2007 Sukyatno kembali ke hadapan Yang Maha Esa. Kesederhanaan dan
kerja kerasnya dalam mengembangkan usaha, kini dilanjutkan oleh salah satu
anaknya yaitu Andrew Nugroho selaku direktur PT. Top Food Indonesia. Berkat
komitmen para pengelola bisnis ini, sekalipun menghadapi persaingan dagang yang
cukup ketat dengan bisnis franchise makanan asing maupun franchise lokal yang
saat ini banyak bermunculan. Es teller 77 terus berusaha untuk memberikan
pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Ini dibuktikan dengan adanya
inovasi baru dari es teler 77 yang mengenalkan menu makanan terbarunya antara
lain gado – gado, rujak buah, mie kangkung, dan nasi goreng buntut. Andrew
sengaja mempertahankan menu tradisional yang tidak asing bagi lidah orang
Indonesia, agar masyarakat yang masuk pertokoan masih bisa menemukan menu
tradisional yang mereka gemari.
Disamping itu, untuk meningkatkan loyalitas konsumen
terhadap es teler 77, Andrew juga memberikan fasilitas kartu member bagi para
pelanggannya. Dengan kartu klub juara yang diluncurkannya, pelanggan berhak
memperoleh diskon makanan dan minuman yang ada di seluruh gerai es teler 77.
Atas kerja keras dan perjuangan keluarga Sukyatno dalam
mengembangkan bisnisnya, berbagai penghargaan pun pernah diterimanya.
Kesuksesan es teller 77 dalam mengembangkan bisnis franchisenya, menjadi
motivasi besar bagi semua orang. Semoga kisah profil pengusaha sukses es teler
77, dapat menjadi inspirasi bagi calon pengusaha maupun para pengusaha yang
sedang merintis bisnisnya.
II.
5. Penghargaan / Reward Es Teler 77
Meskipun menghadapi kompetisi yang ketat terutama
dengan merek - merek fast - food asing, Es Teler 77 terus berkembang karena Es
Teler 77 memiliki tekad dan komitmen untuk terus memberikan yang terbaik kepada
pelanggannya.
Atas keberhasilannya Es Teler 77 telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain :
Atas keberhasilannya Es Teler 77 telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain :
• 10 Nop 2000
|
Enterprise 50 Award dari Andersen
Consulting (sekarang Accenture) dan SWA majalah bisnis.
|
• 09 Feb 1999
|
Sukyatno Nugroho
tercatat sebagai orang yang memecahkan Rekor Indonesia terbanyak di Indonesia
oleh Museum Rekor Indonesia.
|
• 21 Des 1998
|
Sukyatno Nugroho
mendapatkan gelar Doktor (honoris causa) dari American World University,
Iowa, USA, dengan thesis berjudul “Look Globally but Think and Act Locally”.
|
• 13 Okt 1998
|
Penghargaan Parama Boga Nugraha dari Menteri
Pangan dan Hortikultur Indonesia.
|
• 12 Feb 1998
|
“Recession
Marketing of the Month Markplus Strategic Forum” dari MarkPlus.
|
• 26 Agust 1995
|
Asean Best Executive 95-96
kepada Sukyatno Nugroho dan Yenny Setia Widjaja.
|
• 12 Juli 1995
|
Satya Lencana Pembangunan
oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Soeharto.
|
II.
6. Es Teler 77 sebagai usaha Franchising
Es
Teler 77 memberikan kesempatan kepada anda yang ingin berwiraswasta melalui
sistem kerjasama yang menarik dan fair. Sistem waralaba kami sudah berjalanan lebih
dari 20 tahun, sehingga hampir semua gerai kami dibuka dengan sistem waralaba.
Didukung dengan manajemen yang kuat sehingga di tahun 2009 mendapatkan
penghargaan dari Majalah Info Franchise Indonesia dan Asosiasi Franchise
Indonesia sebagai Top Franchise ASEAN 2009 dan The Best in Franchise Support,
Indonesia Franchisor of the Year 2009.
Founded
: 1982
|
Industry
: Restaurant
|
Website
: http://www.esteler77.com
|
Contact
: Es Teler 77 Waralaba
|
Phone :
021-5822456
|
Fax :
021-5822456
|
E-mail
: info@esteler77.com
|
|
Address
: Blok M Plaza 220, Jakarta, Indonesia
|
|
Estimated
Investment : Rp. 250 – 500 Million
|
Franchise Investment
Franchise Fee : Rp 75.000.000,-
Franchise Term : 5 years
Estimated initial investment
(excluding franchise fee) : Rp 350.000.000,-
· This amount varies according to the condition and the area of the
shop space.
· This investment will cover shop fitting and
decoration, kitchen equipments, dining tables and chairs etc.
Other Fees
Royalty : 4 %
Marketing : 2 %
Staff Training
- 1 week at Es Teler 77 Training
Centre
- 3 months at an Es Teler 77
outlet
Location : Preferably in a Mal,
Shopping Centre, Supermarket
BAB. III
PENUTUP
III. 1. Kesimpulan
Pada tahun 1981, Bermula
dari lomba, timbul sebuah gagasan untuk membuka warung tenda sederhana di
pelataran teras sebuah pertokoan. Pada tahun 1987, Sukyatno Nugroho
mewaralabakan Es Teler 77 yang dengan ini merupakan usaha makanan cepat saji
asli Indonesia pertama yang menerapkan sistem waralaba. Mengikuti perkembangan tren gaya hidup
pada tahun 1994, seluruh gerai Es Teler 77 dipindahkan dari kios ke Mall dan Plasa.
Saat ini usaha Es Teler 77 yang
bernaung dibawah bendera perusahaan PT. Top Food Indonesia telah menjadi salah
satu perusahaan franchise kuliner terbaik dan terbesar di Nusantara dengan
keuntungan mencapai miliaran rupiah perbulannya. Bahkan Es Teler 77
pernah mendapatkan penghargaan Life Time Achivement Award 2012 dalam gelaran
Indonesia Franchise Conference 2013.
Es teller 77 terus berusaha untuk
memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Ini dibuktikan dengan
adanya inovasi baru dari es teler 77 yang mengenalkan menu makanan terbarunya
antara lain gado – gado, rujak buah, mie kangkung, dan nasi goreng buntut.
Es Teler 77
memberikan kesempatan kepada anda yang ingin berwiraswasta melalui sistem
kerjasama yang menarik dan fair. Sistem waralaba kami sudah berjalanan lebih dari
20 tahun, sehingga hampir semua gerai kami dibuka dengan sistem waralaba.
Didukung dengan manajemen yang kuat sehingga di tahun 2009 mendapatkan
penghargaan dari Majalah Info Franchise Indonesia dan Asosiasi Franchise
Indonesia sebagai Top Franchise ASEAN 2009 dan The Best in Franchise Support,
Indonesia Franchisor of the Year 2009.
III.
2. Saran
Penyusun berharap kepada
pembaca untuk menyimak, mempelajari dan menggunakan makalah ”Profl Usaha Es
Teler 77“ sebagai motivasi dan menjadi referensi kepada pembaca dalam melakukan
kegiatan usaha disektor pertanian.
Akhirnya penyusun sadari
sepenuhnya bahwa makalah yang kami susun jauh dari kesempurnaan. Oleh karena
itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan. Terima
kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah
ini.
DAFTAR
PUSTAKA
- Anonymous. ( 2014 ). http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba. Di Akses
tanggal 21 Januari 2015. Pukul. 14.13. WITA
- Anonymous. ( 2014 ). https://www.maxmanroe.com/es-teler-77-peluang-usaha- resto-kuliner-indonesia.html. Di Akses tanggal 21 Januari 2015.
Pukul. 14.15. WITA.
- Anonymous. ( 2014 ). http://www.esteler77.com/index.php. Di Akses tanggal
21 Januari
2015. Pukul. 15.00 WITA.
- Anonymous. ( 2010 ). Profil Pengusaha Sukses Es Teler 77.http://bisnisukm.
Com /profil-pengusaha-sukses-es-teler-77.html.
Di Akses tanggal 21 Januari 2015. Pukul
15.20 WITA.
- Puput P Siddiq . (
2012 ). Sejarah Perkembangan Es Teler 77.
http://bigsiddiq. blogspot .com/2012/11/v-behaviorurldefaultvmlo.html. Di
Akses tanggal 21 Januari 2015. Pukul
15.20 WITA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar